Cara belajar efektif itu kaya gimana sih?

Apakah harus di sekolah? Di kampus? Atau justru bisa di mana aja??

Apakah harus dipandu oleh guru? Atau bisa otodidak?

Apakah bisa hanya dengan mempelajari teori? Atau harus praktik langsung di lapangan?

Well, menurut saya pribadi tidak ada formula khusus yang dapat mendefinisikan cara belajar efektif.

Semuanya sangat bergantung pada kondisi dan kebutuhan orang yang mau belajar.

Artinya..

Masih menurut saya.. metode belajar efektif cenderung berbeda untuk setiap orang..

Cara Belajar Efektif Apakah Harus Di Sekolah? Atau Bisa Di Mana Aja?

cara belajar efektif

Dulu, saya tipikal orang yang percaya kalau tempat belajar itu sangat menentukan tingkat keberhasilan si murid dalam mendapatkan ilmu..

Dan semuanya sama sekali tidak berubah walaupun negara api sudah menyerang.. wkwkwk

Tempat belajar sangat mempengaruhi keberhasilan kita..

Karenanya temukan tempat belajar yang paling tepat..

Dan kabar baiknya.. tempat belajar yang tepat itu tidak harus di sekolah..

Saya ulangi lagi.. tempat belajar yang tepat itu tidak harus di sekolah..

Makanya saya paling nggak suka sama orang yang bilang “mau jadi apa kau kalau nggak sekolah?”

Lantas, kalau sekolah emangnya mau jadi apa sih??

Toh kenyataannya nggak sedikit kok orang yang berangkat sekolah tapi nggak belajar..

Dan nggak sedikit juga yang belajar tapi nggak sekolah..

Pertanyaannya, bagusan mana??

Bagusan yang ke dua bukan?

Karenanya, mari jangan berpikir dangkal..

Terutama untuk yang nggerasa NGGAK MAMPU BAYAR BIAYA UNTUK SEKOLAH/KULIAH..

Sadar lah kalian.. INI TUH TAHUN 2020..

TAHUN DIMANA SEGALA SESUATUNYA SUDAH BISA DIPELAJARI SECARA ONLINE BAIK SECARA GRATIS ATAUPUN DENGAN BIAYA YANG LUAR BIASA MURAH…

Jadi, kembali lagi..

Cara belajar efektif itu nggak harus di sekolah.. bisa di mana aja termasuk di internet, di tempat kursus, di tempat kerja, dan di tempat-tempat lainnya..

Apakah Cara Belajar yang Efektif itu Harus Punya Guru?

cara belajar efektif

Untuk yang ini menurut saya sifatnya wajib..

Tapi nggak dangkal juga ya pengertian wajibnya..

Dalam hal ini, harus punya guru, tapi nggak harus tatap langsung..

Bisa belajar lewat bukunya, bisa lewat channel youtubenya, bisa lewat akun instagramnya, bisa juga lewat akun facebooknya..

Yang penting harus ada yang dijadiin patokan untuk belajar..

Kalau memang bisa tatap muka, lebih bagus..

Metode Belajar Efektif

Metode belajar itu ada banyak..

Bisa dengan membaca, bisa dengan melihat, bisa dengan mendengar, bisa juga dengan mempraktikkan..

Nah, mana yang paling bagus?

Jawabannya sama seperti apa yang saya katakan di atas.

Yang paling bagus sangat bergantung pada diri kita masing-masing.

Bagi saya, membaca dan mempraktikkan merupakan dua metode yang paling bagus..

Namun bagi sebagian orang lain, melihat dan mendengar merupakan metode yang paling bagus..

Karenanya, coba cari metode yang paling bagus untuk diri Abda sendiri..

Caranya??

Coba satu per satu.. sampai ketemu metode mana yang paling pas untuk Anda.

Satu hal yang perlu saya sampaikan..

Satu metode belajar terkadang bagus untuk satu bidang pelajaran tertentu dan sama sekali nggak cocok untuk diaplikasikan pada bidang pelajaran lainnya.

Metode belajar praktik contohnya, tentu sangat nggak aplikatif jika digunakan untuk mempelajari sejarah bukan?

Waktu Belajar yang Paling Bagus

Khusus untuk waktu belajar, menurut saya pribadi yang paling optimal adalah di pagi hari, yaitu beberapa saat setelah bangun tidur.

Di waktu tersebut otak kita cenderung masih fresh, sehingga lebih mudah untuk dijejali berbagai macam materi.

Meskipun begitu, kembali lagi.. tiap orang bisa berbeda-beda..

Jadi Anda harus mencari sendiri kapan waktu terbaik untuk belajar bagi diri Anda.

Belajar Bisa Menjadi Hal yang Menyenangkan

metode belajar efektif

Bagi kebanyakan orang, belajar merupakan hal yang membosankan..

Saya pun dulu juga merasa begitu..

Usut punya usus.. ternyata penyebabnya karena dulu yang saya pelajari itu bukan bidang yang saya sukai..

Dan kalau boleh jujur, dulu tuh saya sebenernya hampir terpaksa untuk mempelajarinya..

Karena kalau nggak saya pelajari maka saya nggak bisa lulus..

Nah.. uniknya rasa malas belajar ini nggak berlaku di bidang-bidang yang saya sukai..

Dulu saya luar biasa suka dengan dunia otomotif..

Saya bisa tahan berjam-jam setiap hari hanya untuk membaca tabloid otomotif yang isinya bahasan terkait oprekan mesin sepeda motor..

Padahal buku fisika, biologi, dan kimia yang notabene pada saat itu harus saya baca justru nggak saya baca sama sekali..

Karena ya itu, baru baca dua lembar aja rasanya udah.. mau muntah.. 😀

Trend suka belajar ini pun terus berlanjut..

Saat duduk di bangku kuliah, saya mulai mempelajari dunia teknik komputer..

Satu per satu, dari mulai belajar instal ulang windows, belajar linux, belajar ngetik pake 10 jari, belajar microsoft word, dan lain sebagainya, semuanya terasa sangat menyenangkan..

Anehnya, setelah berhasil mencapai level “senang belajar” untuk bidang-bidang tertentu, rasa senang belajar tersebut ternyata menular ke bidang-bidang lainnya, atau bahkan ke semua bidang..

Karenanya, kalau Anda sampai sekarang masih ngerasa “malas belajar”, coba belajar di bidang yang Anda sukain dulu deh..

Udah Belajar, Jangan Lupa Dipraktekin Ya!

Ada pepatah yang mengatakan bahwa ilmu yang tidak dipraktekkan itu seperti pohon yang tidak berbuah..

Tidak ada manfaatnya??

Well tidak bisa dikatakan seperti itu juga..

Karena terkadang pohon yang tidak berbuah itu bisa dijadikan sebagai tempat untuk berteduh dari panasnya terik matahari atau sebagai tempat burung meletakkan sangkar..

Namun.. yang pasti pohonnya jadi tidak atau kurang lengkap..

Karenanya, setelah berhasil mempelajari suatu hal, jangan lupa untuk dipraktikkan ya..

Nah, itulah sedikit tulisan mengenai cara belajar efektif yang bisa saya bagikan kali ini.

Semoga bermanfaat ya..

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Write a Comment

0Shares
0 0