Banyak yang bilang nabung itu sulit.

Alasannya sangat beragam.

Dari mulai gaji yang pas-pasan, pengeluaran yang membludak, tingkat disiplin diri yang rendah, sampai dengan peningkatan harga kebutuhan pokok, semuanya acap kali dijadikan alasan untuk tidak menabung.

Padahal, menabung itu sangat lah penting.

Bahkan pepatah sendiri mengatakan bahwa hemat itu pangkal kaya.

Ya walaupun pepatah tersebut tidak bisa dikatakan benar 100 persen, namun nyatanya hampir seluruh orang kaya di dunia ini memulai kekayaannya dengan berhemat alias menabung.

Nah, karena banyak yang bilang nabung itu sulit, di kesempatan kali ini kami akan membagikan beberapa tips menabung uang yang efektif.

Kenapa Menabung Itu Penting?

cara menabung uang yang efektif

Sebelum masuk ke poin utama, yaitu mengenai cara menabung uang, pertama-tama kami akan membahas beberapa alasan kenapa menabung itu penting

1. Sebagai Langkah Antisipasi

Alasan pertama kenapa nabung itu penting adalah sebagai langkah antisipasi.

Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa mendatang bukan? Nah, karenanya kita harus mengantisipasi berbagai macam hal tidak terduga yang mungkin akan terjadi di masa depan.

Bisa saja di masa mendatang ada kerabat atau teman yang menawarkan lahan/tahan milik mereka dengan harga murah. Nah, jika kita tidak memiliki tabungan, tentu kesempatan emas seperti ini akan terlewat dengan sia-sia bukan?

Atau jika tiba-tiba kita diberhentikan dari perusahaan tempat kita bekerja, jika kita memiliki tabungan kita dapat lebih mudah melalui masa-masa sulit seperti ini.

2. Langkah untuk Mengumpulkan Modal

Alasan kedua yang membuat kita harus mempelajari cara menabung uang yang efektif adalah untuk mengumpulkan modal.

Nggak bisa dipungkiri, untuk melakukan apa pun saat ini tentu kita butuh modal. Mau buka usaha, mau kerja, mau belajar, sampai dengan mau menikah pun, semuanya tentu membutuhkan modal, entah itu besar atau kecil.

Nah, nabung bisa jadi salah satu alternatif cara untuk mendapatkan modal.

Contohnya nih, kita ingin menikah di usia 29 tahun dan saat ini usia kita sudah 25 tahun, kita harus mengetahui tips menabung untuk nikah sehingga di usia 29 tahun, kita bisa menikah tanpa harus memikirkan modal lagi.

3. Langkah untuk Mencapai Tujuan

Setiap dari kita tentu memiliki tujuan/impian yang ingin dicapai bukan? Dan untuk bisa mencapai tujuan tersebut, nggak jarang kita membutuhkan uang yang jumlahnya tidak sedikit.

Ingin membeli motor/mobil/rumah impian misalnya. Jumlah uang yang dibutuhkan untuk mendapatkan hal-hal tersebut tentu tidak sedikit bukan?

Nah, nabung bisa jadi solusinya!

4. Mengurangi Tingkat Stres Finansial

Alasan kenapa kita harus mempelajari tips menabung uang yang satu ini pada dasarnya terkait dengan alasan yang telah kita bahas di poin pertama (sebagai langkah antisipasi).

Dalam hal ini, dengan menabung kita dapat mengurangi kemungkinan terjadinya stres finansial jika di masa mendatang terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan, seperti kehilangan pekerjaan, tertimpa musibah (seperti kebakaran, kebanjiran, kemalingan, dll), sakit, dan lain sebagainya.

Harapannya dengan memiliki tabungan, setidaknya kita bisa melewati berbagai macam permasalahan yang berpotensi membuat finansial kita berantakan dengan lebih mudah.

Penyebab Kita Gagal Nabung

Tips Menabung yang Efektif

Sekarang kita tentu sudah setuju bahwa menabung itu sangat penting bukan? Nah, selanjutnya sebelum masuk ke bahasan tips menabung uang yang efektif, kita akan membahas beberapa penyebab kenapa kita gagal menabung uang kita.

Bahasan ini sangat penting untuk diketahui karena wajib dihindari jika kita benar-benar ingin menabung alias mengumpulkan uang.

1. Prinsip Penuhi Kebutuhan Dulu Baru Tabung Sisanya

Ini merupakan biang kerok utama kenapa kita gagal nabung.

Ya, walaupun kita telah mempelajari berbagai macam tips menabung di bank, tips menabung di rumah, dan berbagai macam tips lainnya, namun jika kita masih terus menerapkan prinsip ini, ya dijamin kita tidak akan bisa nabung dengan konsisten.

Biasanya, saat kita menerapkan prinsip ini, di akhir bulan uang yang tersisa itu cenderung sangat sedikit atau bahkan tidak tersisa sama sekali.

Kenapa? Karena kebutuhan manusia itu cenderung sangat fleksibel.

Bahkan nggak sedikit orang yang tidak dapat membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan.

Di awal niatnya memang harus nabung, namun karena kebutuhan membengkak secara tiba-tiba, akhirnya niat mulia untuk menabung pun harus kandas karena uang yang mau ditabung di akhir bulan sudah tidak ada.

2. Tidak Memisahkan Rekening Tabungan dan Rekening Harian

Ini juga menjadi salah satu penyebab kenapa kita gagal nabung.

Biasanya jika uang rekening tabungan digabung dengan uang rekening harian, kita akan mudah tergoda untuk menggunakan uang tabungan yang ada di rekening tersebut untuk kebutunan/keinginan harian atau untuk hal-hal yang sebenarnya tidak begitu urgen/penting.

3. Tidak Membuat Rencana Menabung yang Matang

Ini juga menjadi alasan kenapa kita gagal nabung alias mengumpulkan uang.

Atau kalau pun terkumpul, biasanya jumlahnya tidak dapat diprediksi berdasarkan satuan waktu tertentu.

Padahal jika kita memiliki rencana yang matang, kita bisa dengan mudah mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengumpulkan jumlah uang tertentu (10 juta misalnya).

Di lain sisi tidak membuat rencana menabung yang matang terkadang juga dapat membuat tabungan kita alih-alih bertambah tapi justru malah berkurang.

Contohnya begini: karena tujuan menabungnya kurang jelas, akhirnya di tengah perjalanan uang tabungan yang sudah terkumpul sebesar 5 juta malah digunakan untuk membeli handphone baru seharga 3 juta. Padahal waktu itu handphone lama kita sebenarnya masih bagus. Hasilnya, alih-alih bertambah, tabungan malah berkurang bukan?

4. Tidak Disiplin

Terakhir, walaupun kita sudah memiliki plan yang matang untuk menabung sejumlah uang tertentu di awal bulan, sudah memisahkan rekening tabungan dengan rekening harian, namun jika tidak disiplin melaksanakannya, ya rencana nabungnya pun akhirnya gagal terlaksana lagi.

Ada beberapa hal yang akan terjadi pada tabungan kita jika kita kurang disiplin:

Pertama, tabungan kita nggak nambah-nambah. Hal ini terjadi karena kita tidak disiplin nabung di awal bulan.

Kedua, alih-alih nambah, tabungan justru malah berkurang. Hal ini terjadi karena kita tidak disiplin untuk tidak menggunakan uang tabungan di luar tujuan utamanya (Mis. Uang tabungan untuk nikah, malah digunakan untuk membeli pc gaming).

Tips Cara Menabung Uang yang Efektif

Tips Menabung Uang yang Benar

Berikut merupakan beberapa tips dan trik menabung uang yang bisa kita coba untuk terapkan:

1. Kurangi Pengeluaran yang Tidak Penting

Tips pertama yang wajib kita terapkan jika ingin menabung alias mengumpulkan uang adalah mengurangi pengeluaran yang tidak penting.

Untuk bisa mengurangi pengeluaran yang tidak penting, kita harus membuat jurnal keuangan. Dalam hal ini, kita harus rutin mencatat seluruh pemasukan dan pengeluaran kita.

Setelah tercatat, kita tinggal melihat pengeluaran mana saja yang sebenarnya masih bisa atau bahkan harus dikurangi.

Menurut pengalaman kami, beberapa pos pengeluaran yang acap kali bisa dikurangi adalah sebagai berikut:

  • Pengeluaran untuk makan di luar
  • Pengeluaran untuk berlangganan/subscribe hal-hal yang sebenarnya tidak perlu
  • Pengeluaran untuk transportasi
  • Pengeluaran untuk pakaian
  • Pengeluaran untuk gadget terbaru, dll
  • Buat Rencana yang Matang

Langkah kedua yang harus kita lakukan agar bisa menabung adalah membuat rencana yang matang. Dalam rencana ini kita harus menentukan beberapa hal di bawah ini:

2. Tujuan menabung

Dalam hal ini kita harus menentukan untuk apa uang tabungan kita nantinya akan kita gunakan. Apakah untuk menikah, untuk membeli kendaraan (seperti sepeda, sepeda motor, atau mobil), untuk membeli rumah, untuk naik haji, dan berbagai macam tujuan lainnya.

  • Besaran Dana yang kita Butuhkan

Selanjutnya, tentukan juga berapa besar jumlah dana yang kita butuhkan. Khusus untuk besaran dana ini, kita harus benar-benar tepat dan kalau bisa juga terperinci.

  • Lama Durasi Menabung

Jika tujuan dan besaran dananya sudah ditentukan, berikutnya kita harus menetapkan berapa lama waktu yang kita inginkan atau butuhkan agar tujuan kita terlaksana. Hal ini harus kita kaitkan dengan tingkat kemampuan finansial kita.

Tentunya sangat tidak masuk akal untuk mendapatkan tabungan 100 juta rupiah dalam kurun waktu 2 tahun jika penghasilan total bulanan kita hanya 4 juta rupiah bukan?

  • Jumlah Uang yang Harus kita Tabung Tiap Bulan

Nah, jika jumlahnya sudah ditentukan, lama durasi menabungnya pun juga sudah ditentukan, selanjutnya kita tentu sudah bisa mengetahui berapa jumlah uang yang harus kita tabung setiap bulan bukan?

Contohnya jika kita ingin memiliki tabungan sebesar 5 juta dalam 10 bulan, berarti dalam satu bulan kita harus menabung secara rutin sebesar 500 ribu.

3. Agar Lebih Ringan, Coba Pecah Durasi Nabung kita!

Tips cara nabung uang yang berikutnya adalah dengan memecah durasi nabung. Tips ini cocok untuk diterapkan oleh kita yang penghasilannya tidak bergantung dari gaji bulanan. Harapannya dengan memecah durasi nabung (contohnya dari bulanan menjadi mingguan atau harian) beban nabung kita bisa menjadi lebih ringan.

Contohnya seperti ini, setelah membuat rencana nabung seperti di atas, per bulan kita harus menabung 300 ribu rupiah. Nah, agar lebih ringan, kita dapat memecahnya menjadi 10 ribu rupiah per hari. Jadi kelihatan lebih ringan bukan?

4. Pisahkan Rekening Utama dengan Rekening Tabungan

Memisahkan rekening utama dengan rekening tabungan juga bisa menjadi alternatif cara nabung uang yang efektif lho! Ya, dengan memisahkan uang kita ke beberapa rekening, harapannya kita bisa lebih disiplin dalam menabung, dan tabungan yang sudah terkumpul pun bisa menjadi lebih aman dari kemungkinan digunakan di luar tujuannya.

Untuk memudahkan, kita dapat menggunakan berbagai macam produk perbankan berupa rekening tabungan berencana. Hampir semua bank saat ini telah memiliki produk ini kok!

5. Disiplin dan Konsisten

Jika empat tips nabung uang di atas sudah kita terapkan, selanjutnya kita hanya perlu disiplin dan konsisten untuk menjalankannya. Walaupun terkesan simpel, namun ini merupakan poin kuncinya. Karena sebagus apa pun rencana nabung yang kita buat, jika kita tidak menjalankannya dengan disiplin dan konsisten, maka rencana tersebut tentu tidak akan berhasil.

Agar lebih mudah, kita dapat meminta bantuan orang terdekat kita entah itu pasangan, orang tua, atau kerabat dekat untuk mengingatkan kita setiap bulan sudah nabung atau belum. Dengan begitu, tidak ada alasan lagi untuk tidak menabung bukan?

6. Cari Alternatif Penghasilan Tambahan

Agar kegiatan nabung kita bisa berjalan dengan lebih mudah, coba carilah alternatif penghasilan tambahan yang memungkinkan. Sekarang banyak kok alternatif cara mendapatkan penghasilan tambahan yang bisa kita lakukan. Dari mulai usaha jualan pulsa, jualan online, investasi di reksadana, dan lain sebagainya, semuanya bisa dijadikan sebagai alternatif mendapatkan pemasukan tambahan.

Harapannya dengan memiliki lebih banyak penghasilan, jumlah uang yang bisa kita tabung tiap bulannya bisa meningkat, sehingga tujuan kita pun bisa tercapai dalam kurun waktu yang jauh lebih cepat.

7. Pilih Produk Tabungan yang Rendah Biaya

kita tentu tidak mau uang tabungan kita berkurang tanpa kita gunakan bukan? Nah, karenanya selektif lah dalam memilih produk tabungan. Kenapa? Karena beberapa produk tabungan cenderung memiliki biaya bulanan yang agak besar (biasanya memiliki fasilitas yang luar biasa lengkap).

Sebisa mungkin pilihlah produk tabungan yang memiliki biaya bulanan paling rendah. Walaupun begitu, pastikan fasilitasnya lengkap ya!

8. Investasikan Uang Tabungan

Tips cara nabung uang yang satu ini dapat menyelamatkan uang tabungan kita dari kemungkinan terjadinya inflasi alias penurunan nilai mata uang.

Saat ini ada banyak produk investasi di pasar modal yang menawarkan imbal hasil cukup memuaskan (setidaknya setara atau lebih tinggi dari nilai inflasi) dan terbukti aman. Beberapa produk tersebut adalah obligasi, sukuk dan reksadana pendapatan tetap.

Satu hal yang wajib kita ketahui, tidak semua investasi di pasar modal menjanjikan keamanan dana kita. Karenanya, sebelum memutuskan untuk menginvestasikan uang yang kita miliki, kita harus memastikan bahwa uang kita benar-benar berada di tempat yang aman.

Nah, itulah beberapa tips cara menabung uang yang benar dan efektif yang bisa Anda coba terapkan. Jika Anda memiliki tips nabung yang lain, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar ya!

Credit: Sumber gambar: pexels.com

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Write a Comment

0Shares
0 0